22 April, 2008

Hobi Vs Pekerjaan


"If you're doing what you like to make a living, then you will be playing instead of working, but sometimes you have to try things you don't like, therefore new opportunities and new path will reveal".
(Jika Anda melakukan apa yang Anda sukai sebagai sumber penghidupan maka Anda akan cenderung 'bermain' ketimbang 'bekerja'. Namun, sekali-sekali lakukan juga apa yang tidak Anda sukai, karena terkadang dengan melakukan apa yang tidak disukai, peluang dan jalan yang sama sekali baru, akan terbuka lebih luas untuk Anda).

Penjelasan:
Banyak hobi dan kesukaan yang tinggal sebatas hobi dan kesukaan semata. Sementara itu untuk mencari nafkah banyak orang melakukan hal-hal yang sesungguhnya tidak mereka sukai, misalkan dikarenakan latar belakang pendidikan yang dimiliki, seseorang terjebak dengan sebuah pekerjaan, yang tampaknya cocok dengan latar belakangnya.

Padahal, dengan melakukan hobi dengan sepenuh hati dan berusaha mengarahkannya ke arah komersil, telah banyak orang yang berhasil menjadikan hobi sebagai sumber penghidupan, dan mereka tentunya menikmati setiap saat mereka 'bekerja'. Namun ada yang berkata; "tapi hobi saya adalah mengobrol dengan teman-teman, sebatas pada
membicarakan hal-hal yang terjadi pada hidup mereka, dan saya tidak suka banyak berfikir dan merencanakan sesuatu".. dan ternyata dari hobi dan kebiasaan yang sesederhana itupun industri pertelevisian mendapatkan banyak bintang talk show besar, termasuk Oprah.

Sekarang kembali pada Anda, apakah saat ini Anda telah melakukan apa yang Anda sukai sebagai sumber penghidupan? Selamat bila ya, dan bila tidak/belum, silakan rumuskan dan rinci hal-hal yang Anda sukai, dan temukan bidang dimana Anda bisa mendapatkan ekstra income, bahkan penghasilan utama dengan melakukan hobi dan hal yang Anda suka.
Silakan isi hal-hal yang Anda suka di bawah ini dan analisislah list tersebut:

Hal-hal yang disukai, yang biasanya dikerjakan pada waktu luang:
-
-
-
-
-
-

Peluang yang relevan dengan hal-hal tersebut yang dapat dijalani sebagai sumber penghasilan ekstra hingga utama.

Tidak ada komentar: