26 Juni, 2008

Pengalaman Survei di Bulan Mei 2008


Setelah beberapa bulan vakum dari dunia surveyor, akhirnya saat itu tiba juga. Tepatnya awal Mei 2008 yang lalu, saya kembali dapat proyek survey dari JIP. Kali ini survey tetap sama, masih seputar isu Pilgub Lampung 2008.

Bedanya, lokasi saya survey itu enak, tidak seberapa jauh dari Desa saya, sekitar 50 KM dari kampung saya, yang jelas masih satu Kabupaten lah. (Jadi sekalian pulang kampung).

Seperti biasa, setiap surveyor dibekali dengan 10 kuesioner (Tapi setiap kuesionernya, pertanyaannya tidak terlalu banyak seperti dulu ( ya…. !Sekitar 120 pertanyaan untuk setiap kuesionernya)

Berbeda dengan survey-survey sebelumnya, kali ini saya dapat menyelesaikan tugas ini hanya dengan 1 hari saja (meski kerjanya ngotot, dari pagi sampe malem). Tapi banyak pengalaman yang saya dapatkan di lapangan.

Yang membuat saya geleng-geleng kepala ketika survey ini adalah kebanyakan dari responden yang saya tanya tidak kenal dengan Gubernur mereka sendiri dan parahnya lagi mereka baru denger nama Gubernur itu dari saya (maklumlah, daerahnya terpencil sekali sich).

Berangkat dari rumah sekitar jam 07.00 WIB (Kebetulan saya nginep dulu di rumah), sampai di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB (lumayan jauh juga ya, meski daerahnya masih di dalam satu Kabupaten yang sama). Start wawancara sekitar pukul 10.00 WIB, dan selesai wawancara sekitar pukul 21.00 WIB.

Akhirnya malam itu juga saya memutuskan untuk pulang ke rumah (meski harus melewati daerah yang katanya rawan pembegalan), padahal Kepala Desa nya menyarankan kepada saya (Besok pagi aja pulangnya, nginep di sini aja malam ini). Karena tidak mau merepotkan, makanya saya putuskan tuk pulang ke rumah saja.

Sekitar pukul 24.00 WIB saya tiba di rumah dan langsung istirahat, karena besoknya harus balik lagi ke Bandarlampung untuk setor hasil survey (Dan hasilnya lumayan juga…..800 ribu bersih untuk satu hari kerja, setelah di potong biaya transport, makan dan biaya lainnya).

Memang survey dan monitoring itu menyenangkan ya! Selain dapat duit, kita juga dapat pengalaman menarik yang ga akan didapat di kerjaan yang lain… Makanya saya jadi terlena (Sampai-sampai skripsi saya jadi terabaikan)

Survey….survey….! Skripsi….oh…. skripsi!

Tidak ada komentar: